Minggu, 02 Oktober 2016

Tugas 1 Peng. Tek. Internet & New Media

Nama : Aditya Nugraha
Kelas : 2IA10
NPM : 50415190
 

1. Pivot Animator




Sesuai namanya Pivot Animator adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi berupa stick figure dan spirit animation yang disusun satu persatu dengan tool-tool dan karakter yang sudah ada didalamnya sampai menjadi sebuah animasi jadi sesuai keinginan penggunanya. pivot animator juga bisa mengkonversi animasi yang sudah dibuat menjadi format (.Giv) dan Video(.Avi).

Spesifikasi Minimal :
  OS: Windows 98
     Processor: 500 MHz  Pentium 3
     RAM: 128 MB SDRAM
     Hard Disk: 2 GB
   VGA: 64 MB AGP
    File Size: 1,2 MB
      Ekstensi: (.Piv) , (.Gif) , (.Bmp) bisa di jadikan video dengan format avi

Pengembangan :

Rilis Pertama
Versi pertama dari Pivot Animator memiliki beberapa bug perangkat lunak . Stick figure terbatas pada satu jenis stick figure, default stickman . Animasi dapat disimpan dalam .PIF (Pivot Project File) atau diekspor sebagai Animated .GIFs (Graphics Interchangeable Format). Pengguna diberi beberapa pilihan dari optimasi gambar, kompresi atau mengubah ukuran saat menyimpan animasi mereka.

Pivot 2.2
rilis utama kedua dari Pivot Stickfigure Animator. Versi ini menerapkan 'Stick Figure Builder', yang memungkinkan pengguna untuk membuat desain tongkat mereka sendiri disimpan dalam format STK. Hal ini memungkinkan lingkup yang lebih luas dari pilihan animasi untuk pengguna Pivot. Hal ini juga tetap beberapa bug minor, menambahkan tombol ke antarmuka utama untuk membawa tongkat di depan atau di belakang tokoh lainnya, dan secara otomatis bisa periksa untuk memastikan pengguna tidak kehilangan proyek yang belum disimpan.

Pivot 3.1 Beta
Rilis ini dikirim sengaja ke Pivot Animation MSN kelompok untuk pengujian tetapi Beta itu bocor dari berbagai sumber tidak resmi untuk masyarakat umum. Ada sebuah antarmuka ditingkatkan, dengan ikon baru, stickman standar yang lebih baik dengan tangan dan kaki lebih berani dan reorganisasi fitur. Fitur baru termasuk kemampuan untuk mengimpor gambar apapun sebagai sprite untuk dipindahkan di sekitar dalam animasi seperti stick. Fitur lain yang ditambahkan adalah kemampuan untuk memiliki beberapa latar belakang dalam animasi. Ketika seorang pengguna menyimpan file .PIF, frame rate disimpan dengan itu. 

Pivot 4.1
Pivot 4.1 beta dirilis adalah pada tanggal 2 Januari 2013, dengan fitur baru termasuk.
  • Figure opacity
  • Extended canvas area
  • Multi-select and edit figures
  • Stretch segments using the Ctrl key
  • Rotate / scale figures using the Alt key
  • Image based figure and background selector
  • Split a segment into 2 in the figure builder
  • Copy and paste frames
  • Improved Gif export options and quality
  • Avi video export
  • Join figures tool
  • Png support for sprites and backgrounds
  • Keyboard shortcuts
  • Multiple languages and the ability to create your own translation
  • Multiple frame onion skins
  • Undo / redo
  • Image preview of Stk files when loading figures
Pivot Animator 4.1.10 dirilis sebagai versi "stabil" dari 4.1 dan masih versi non-beta terbaru sejauh (per Oktober 2015).
Pivot 4.2 diumumkan pada 23 Desember 2014 diikuti oleh rilis beta pada tanggal 1 Januari 2015. Fitur baru termasuk copy dan paste stick figure dan sprite, a transparent figure builder window, dan kemampuan untuk mengekspor gambar di Scalable Vector Graphics Format.

Tutorial Pembuatan
 Pembuatan animasi stick figure pada pivot animator ini cukup mudah..
1.  Pertama, Setelah windows Pivot Animator terbuka otomatis akan membuat projek baru seperti ini
2. Kedua, Klik & Drag titik pada stick figure dan sesuaikan sebagai gerakan awal animasi,
3. Ketiga, Jika sudah Pilih tombol tambah frame dan akan menambah frame yang isinya sesuai dengan gambar yang sebelumnya kamu atur,
4. Sesuaikan gerakan yang kamu mau. dan jika ingin menambah figure baru pilih tambah figure, atau jika ingin membuat figure baru pilih file dan pilih buat tipe figure(CTRL+ALT+F),
5. jika semuanya sudah selesai bisa kamu tes gerakan tadi dengan pilih tombol jalankan, dan jika sudah selesai kamu bisa mengimpor animasi tersebut kedalam .Giv atau .Avi dengan cara klik file lalu pilih buat animasinya(CTRL+E) lalu pilih ekstensi apa yang kamu mau lalu klik simpan.

Contoh Animasi yang sudah jadi :

2. Macromedia Flash

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk memahami keamanan Adobe Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript di mana di dalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari SWF termasuk ActionScript. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, semua kebutuhan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui server. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang standar adalah akan menjamin dan mengamankanpenyimpanan dan perpindahan data.

Spesifikasi yang dibutuhkan :
  • Min Operating System
    Apple MacOS X 10.3, Apple MacOS X 10.4, Microsoft Windows 2000 / XP
  • Processor Type
    Pentium III, PowerPC G3, PowerPC G3
  • Processor Speed
    600 MHz Hz, 600 MHz Hz, 800 MHz Hz
  • Min RAM Size
    256 MB, 256 MB, 256 MB
  • Min Hard Drive Space
    360 MB, 360 MB, 710 MB
 Tutorial Pembuatan :
1. Pertama, Ketika aplikasi terbuka akan terlihat pilihan jenis projek apa yang akan dipilih lalu pilih flash document,
2. kedua, akan muncul tampilan seperti dibawah ini,
3. buat animasi sesuka kamu dengan tool-tool yang sudah ada, misal bola memantul gunakan oval tool,
4. lalu klik kanan pada frame 1 lalu pilih create motion tween,

5. lalu klik kanan pada frame 25(misal) lalu pilih insert keyframe,
6. lalu klik & drag lingkaran tadi dan pindahkan pada posisinya yang diinginkan,
7. lalu insert keyframe lagi pada frame 45(misal),
8. kembali pada frame 1 dan test animasi tersebut(CTRL+ENTER)
9. jika sudah selesai silakan save projek tersebut otomatis akan ada 2 file yaitu nama.fla dan nama.swf secara default, jika ingin save dengan format lain bisa dengan cara klik file lalu pilih publish seting dan ceklis ekstensi file yang akan dipilih lalu pilih tombol publish.


Contoh animasi yang sudah jadi :




About Aditya Nugraha

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 komentar:

Posting Komentar